UBudiyah Bentuk Kader Kesehatan Di Kecamatan Meraxa Melalui Program PKL

UBudiyah Bentuk Kader Kesehatan Di Kecamatan Meraxa Melalui Program PKL

Kamis 5 september 2013 bertempat diaula kecamatan meraxa  STIKES ubudiyah membuka Acara  Praktek kerja lapangan program Studi D-III kebidanan dan Kesehatan masyarakat S-1 yang di buka Oleh ketua STIKES Ubudiyah Marniati. M.Kes  dalam sambutan nya menyampaikan   bahwa PBL ini Merupakan kegiatan belajar di tengah masyarakat dimana diharapkan mahasiswa mampu melakukan diagnosis masalah kesehatan masyarakat dan selanjutnya melaksanakan intervensi sebagai bagian dari upaya penyelesaian masalah sesuai alur problem solving cycle.

PBL kali ini bertempat di Kecamatan meraxa  yang terpilih yang telah ditentukan oleh panitia. Kegiatan ini diharapkan mendapatkan manfaat  bagi mahasiswa dan juga  masayarakat di wiliyah kecamatan meraxa  darp praktek kerja lapangan ini dapat memperoleh informasi mengenai masalah kesehatan masyarakat yang ‘riil’ sesuai temuan di lapangan serta memperoleh  masukan berupa inovasi-inovasi dalam upaya pemecahan masalah kesehatan masyarakat, dilaksanakan program pengabdian masyarakat ini dengan tujuan

  1. Tujuan adalah bagaimana mampu  Mengenal perilaku dan kehidupan masyarakat Desa/Kelurahan dari segi sosial, budaya, ekonomi dan geografi.
  2. Membangkitkan partisipasi masyarakat dalam memecahkan masalah-masalah kesehatan secara mandiri dan berkesinambungan.
  3. Bersama-sama masyarakat mengenal, merumuskan dan mengatasi masalah-masalah kesehatan secara sederhana, praktis, murah, berdaya guna dan berhasil guna sesuai situasi dan kondisi setempat serta perkembangan pola pikir masyarakat.

Kegiatan yang akan diikuti 112 mahasiswa ini,akan  menggelar beberapa Kegiatan selama PKL  yaitu tentang, kesehatan lingkungan,dengan program Penyuluhan dan Pembinaan kader penyuluhan dari desa, kesehatan masyarakat lanjut usia (Lansia) dalam program senam lansia  dan pemahaman tentang penting nya makanan sehat di usia lanjut agar tetap sehat , kesahatan remaja, dalam program upaya merawat payudara dan untuk mengecah kanker payudara dan kanker servic dan kesehatan balita dan anak usia sekolah.dalam program pembentukan kader pendampinng ibu Menyusui  dan kader pendamping imunisasi lengkap  ”

Dalam praktik  lapangan ini mahasiswa juga diharapkan dapat  melakukan promosi kesehatan dengan pendekatan kepada masyarakat, tentang arti penting menjaga  kesehatan sehingga  dapat membangun kesadaran masyarakat untuk melakukan  upaya pencegahan (preventif) sebelum  Pengobatatan (Kuratif ) dengan tumbuh nya upaya kesadran mencegahan sehingga dapat terbentuk desa dengan jumlah masyarakat sehat yang tinggi di kecamatan meraxa sehingga dengan minimnya masyarakat yang melakukan pengobatan juga dapat mengurangi angaran pemerintah dalam pengobatan sehingga dapat di fungsikan untuk inprastuktur dan kebutuhan sarana dan prasarana lainya..

STIKes UBudiyah Dapat Rekomendasi PJJ Dari Kopertis Wilayah I Aceh Sumut

STIKes UBudiyah Dapat Rekomendasi PJJ Dari Kopertis Wilayah I Aceh Sumut

Koodinator kopertis wilayah I Provinsi Aceh dan Sumut Prof.Dian Armanto M.Pd,MA,MSc,Ph.D  Memngeluarkan surat  pertimbagan pembukaan pendidikan jarak jauh  untuk Program Studi D-III kebidanan Ubudiyah STIKES ubudiyah Indonesia yang  telah  TERAKREDITASI  Peringkat B  Di tiga Kabupaten di provinsi Aceh,

 Kabupaten yang di setujui Kopertis atas usulan  Oleh yayasan Ubudiyah yaitu  Kabupaten Aceh Barat Daya , aceh Tengah , Kabupaten Pidie   yang merupakan  kabupaten yang sekarang ini masih minimnya fasilitas Pendidikan Tinggi Kesehatan, yang berkualitas Sesuai Standar Nasional  sehingga  3 kabupaten tersebut menjadi tujuan Stikes Ubudiyah untuk Membuka Pendidijakan Jarak jauh Sebagai upaya Pemerataan Pendidikan bagi putra putri daerah ,  Sesuai dengan  tujuan dari rencana strategis yang di tetapkan dirjen pendidikan Tinggi.

 Marniati M.Kes Ketua Stikes Ubudiyah Banda Aceh  Mengatakan Pendidikan jarak Jauh ini merupakan program dari Kementrian Pendidikan dan kebudayaan yang telah Di atur dalam Surat Keputusan Menteri Nomor : no. 24 tahun 2012,tentang Penyelengaraan pendidikan Jarak Jauh, penyelenggaraan program pendidikan jarak jauh harus dengan ijin Dirjen Dikti setelah memenuhi persyaratan Permendikbud no. 24 tahun 2012,

Pendidikan Jarak Jauh ini merupakan kabar baik bagi dunia pendidikan tinggi karena menjadi salah satu solusi bagi Program Percepatan Pengembangan sumberdaya manusia yang berada di daerah yang sulit Terjangkau Pendidikan yang bermutu dan Berkualitas Baik.  terutama bagi  tenaga kerja Kesehatan yang masih Berpendidikan D-I,D-III, agar dapat Melanjutkan Pendidikan Sarjana Dengan  tidak mengganggu tugas sehari-hari, dan sangat memungkinkan mereka mengikuti program pendidikan jarak Jauh ini. ini.

Pendidikan Jarak jauh adalah Pendidikan yang peserta didiknya terpisah dari pendidik dan kegiatan pembelajarannya dilaksanakan dengan menggunakan berbagai sumber belajar melalui teknologi informasi, komunikasi dan media lain.

Penyelenggaraan Program Pendidikan JARAK Jauh berbeda dengan Pendidikan KELAS jauh, penyelenggaraan program pendidikan jarak jauh harus dengan ijin Dirjen Dikti setelah memenuhi persyaratan Permendikbud no. 24 tahun 2012, sedangkan pendidikan kelas jauh hanya boleh diselenggarakan oleh prodi yang peroleh ijin Mendikbud setelah memenuhi ketentuan dan persyaratan Permendiknas No. 20 Tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Prodi di Luar Domisili Perguruan Tinggi


Untuk Mendapatkan Izin Resmi dari Dikti Stikes Ubudiyah Telah Meneruskan Surat Rekomendasi Kopertis Wilayah _I  untuk mengusulkan izin tetap  Ke Kemendikbud,

Koodinator kopertis wilayah I Provinsi Aceh dan Sumut Prof.Dian Armanto M.Pd,MA,MSc,Ph.D  juga Mengatakan Usulan Pendidikan Jarak Jauh Oleh Stikes Ubudiyah  ini Merupakan Yang pertama Sekali dan Usulan Pertama Ini Akan Menjadi percontohan Bagi PTS lainya yang Ada Di seluruh Indonesia.

Copyright © 2014. BAPSI-TEAM UUI. All Rights Reserved.

UBudiyah Realisasikan Kerjasama Dengan Universitas Pecs Hungaria

UBudiyah Realisasikan Kerjasama Dengan Universitas Pecs Hungaria

Kunjungan pihak Yayasan U’Budiyah Indonesia ke Eropa timur dalam rangka kerja sama internasional membuahkan hasil yaitu Joint Research dosen tetap U’Budiyah Indonesia dengan dosen dari universitas pecs yang akan melakukan penelitian bersama di Provinsi aceh dalam tiga bidang disiplin ilmu yaitu Ilmu Komputer, Bahasa inggris dan ilmu Kependidikan.  Selain Joint Penelitian pihak Universitas Pecs juga telah sepakat menerbitkan hasil penelitian dosen tetap U’Budiyah Indonesia untuk di terbitkan di Jurnal Internasional Universitas Pec’sdi Hungaria pada bulan September 2013 ini.

Dalam realisasi penelitian ini Pihak Universitas Pec’s juga mempertanyakan keamanan di Aceh, namun pihak U’Budiyah Indonesia telah menjamin keamanan dan keselamatan selama peneliti hungaria berada di aceh dan akanbekerjasama dengan pihak berwenang. Adapun tujuan dilakukan  Join Research untuk meningkatkan mutu dan kualitas dosen dalam melakukan penelitian, sehingga dapat meningkatkan mutu lulusan U’Budiyah Indonesia.

Join kerjasama Penelitan dan penerbitan jurnal internasional ini di upayakan oleh Perguruan tinggi U’Budiyah Indonesia untuk membantu dosen tetap ubudiyah untuk melengkap isyarat menyelesaikan program Studi Doktor yang telah di jadikan salah satu syarat oleh Dirjen DIKTI dalam surat keputusan Nomor 152/E/T 2012  dan juga sebagai persiapan kenaikan kepangkatan akademik Dosen tetap Ubudiyah menjadi Guru Besar dimana saat ini dosen tetap tetap Ubudiyah sudah bergelar magister (S2) dan beberapa dosen sudah bergelar Doktor (S3).  Hal ini sejalan dengan target U’Budiyah Indonesia tahun 2020 sudah melahirkan minimal 10 Guru besar.hal ini belajar dari pengalaman banyak dosen PTN dan PTS yang banyak kenaikan pangkat Guru Besarnya tertunda dikarnakan tidak adanya kerjasama antar universitas untuk menerbitkan hasil penelitian dosen di  Jurnal Internasional.

Kerjasama ini juga dimaksudkan sebagai salah satu upaya U’Budiyah Indonesia kedepan untuk mencapai visi menjadi Research University, sebagai persiapan Yayasan U’Budiyah Indonesia telah merekrut 72 orang dosen tetapbergelar S2dan S3  rata- rata lulusan Luar negeri dari 400 calondosenTetap yang melamar .Dengan 72 orang dosen tetap yang siap bekerja focus pada satu universitas dengan diwajibkan melakukan penelitian dan pengabdian setiap semester1 buah dan memiliki kewajiban Menerbitkanbuku1 buah setiap 2-3tahun, menjadi satu keistimewaan yang dimiliki U’Budiyah Indonesia ke depan.

Selain telah melakukan MOU dengan 18 universitas di Negara Eropa, pihak yayasan dan pengurus pada tanggal 6-9 Oktober 2013juga akan berkunjung kelangkawi, Malaysia dalam rangkamengha diri Undangan ASIAN PRESIDENTS UNIVERSITY FORUM (AUPF) untuk memperluas kerjasama , dan salahsatu agenda dalam acara ini adalahPenandatangan MOU Bersama dalam bidang,Reseach, Akademik dan Kerjasama Bidang Perpustakaan yang akan di hadirioleh Marniati, M.kes , Muhammad Iqbal M.Pd, DR. Amin haris M.Pd dan Ketua Yayasan Dedi Zefrizal ST.

Yayasan U’Budiyah Indonesia Indonesia juga akan terus mengembangkan Infrastruktur sarana dan prasarana yaitu penambahan Laboratorium, gedung perpustakaan dan penambahan ruang belajar yang gedungnya baru selesai rampung dan akan diresmikan pada bulan Oktober 2013.

Persiapan lainya adalah telahmenjalin kerjasama dengan  18 universitas di Eropa dan asia , dan Persiapan kelas berstandar internasional , fasilitas Belajar  E-Learning yang sedang di rintisOlehyayasan Ubudiyah saatini, jugaKerjasamaperpustakaan yang tergabungdalam forum perpustakaankerjasama se Asia yang  Penandatangan MOU akan dilakukan dilangkawi pada tangal 5 Oktober nanti yang kan di hadiri oleh Marniati, M.kes , Muhammad Iqbal M.Pd, DR. Amin haris M.Pd dan Dedi Zefrizal ST.

Dibukanya kelas internasional kedepan dimaksudkan agar setelah lulus mahasiswa dapat disalurkan keperusahaan yang sudah bekerjasama di luar negeri, dan mampu berkompetisi ditingkat global dengan penguasaan bahasa asing yang baik dan juga untuk pengembangan Program dua gelar (double degree)dari 18  universitas kerjasama di luar negeri, Program kelas internasional sebagai upaya mewujudkan visi Universitas ubudiyah menjadi world class university 2018

Calon Rector universitas Ubudiyah Marniati menyatakan selain upaya yang telah dilakukan selama ini setidaknya masih ada 6 langkah lainya yang harus Di tempuh universitas Ubudiyah kedepan dalam mewujudkan WORD CLASS UNIVERSITY 2018 dalam jangka waktu 5 tahun kedepan yaitu

    1. Menyusun long terms  plan di mana terdapat sekurang-kurangnya empat hal utama long terms strategies,  goals ,programs,dan Mengembangkan sumberdaya yang  diperlukan untuk menjadi pegangan dalam melakukan pembangunan keseluruhan aspek utama universitas ubudiyah
    2. Memgembangkan infrastruktur universitas dengan kokoh sebagai pilar penopang pembangunan aspek-aspek strategis universitas dengan standar internasional
    3. Membangun institutional research capacity sebagai instrument kelembagaan untuk melaksanakan riset yang menghasilkan invention dan inovasi sebagai hasil ciptaan lembaga untuk mendukung perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang bermanfaat bagi kehidupan kemanusiaan dengan bekerjasama dengan lembaga research dalam negeri dan luar Negeri
    4. Membangun leadership capacity kelembagaan secara total dari tingkat universitas hingga tingkat jurusan dan program studi,
    5. Mengembangkan dan menerapkan ICT sebagai facilitating element,baik dalam proses manajemen kelembagaan maupun dalam kegiatan akademik termasuk proses pembelajaran.

Kelima  strategi jangka panjang tersebut diperlukan untuk membawa universitas Ubudiyah  bergerak secara dinamis menuju WORD CLASS UNIVERSITY pada tahun 2018.

Pendaftaran Mahasiswa Baru STIKES UBudiyah Gelombang III 2013

Pendaftaran Mahasiswa Baru STIKES UBudiyah Gelombang III 2013

Berikut pengumuman Jadwal Pendaftaran Mahasisiwa Baru STIKES Ubudiyah Gelombang ke III tahun 2013 :

– Jadwal Pendaftaran : 22 Juli – 22 Agustus 2013

– Persiapan Pelaksanaan Ujian Tulis : 27 Agustus 2013

– Pelaksanaan Ujian Tulis : 28 Agustus 2013

– Pengumuman Ujian Tulis : 29 Agustus 2013

– Pelaksanaan Test Kesehatan : 30 Agustus 2013

– Pemeriksaan Hasil Tes Kesehatan : 30 Agustus 2013

– Pengumuman Kelulusan : 30 Agustus 2013

– Registrasi / Pendaftaran Ulang / Pembayaran : 30 Agustus – 3 September 2013

– PPSM / ORDEMA : 2 – 3 September 2013

Syarat-syarat pendaftaran :

  • Mengisi formulir pendaftaran
  • Bebas Biaya Pendaftaran
  • Melampirkan :
    • Fotocopy ijazah yang telah di legalisir sebanyak 3 lembar
    • Transkrip nilai / SKHUN yang telah dilegalisir sebanyak 3 lembar
    • Pas photo ukuran 3×4 = 1 lembar (terbaru)
    • Pas photo ukuran 2×3 = 1 lembar (terbaru)
    • Pas photo ukuran 4×6 = 1 lembar (terbaru)
    • Materai 2 lembar
    • Berkas di masukkan kedalam map
      • Warna Biru untuk D-III Kebidanan
      • Warna merah untuk D-IV Kebidanan
      • Warna kuning untuk SI Kesehatan Masyarakat

Formulir Pendaftaran dan Informasi dapat menghubungi panitia penerimaan mahasiswa baru,
Jalan Alue Naga Desa Tibang, sebelum Krueng Cut sebelah kiri
Telp. 0651-755566/Hp. 085361603685 (Ibrahim), 085277516140 (Bahagia)

Buka Puasa Bersama STIKES Dan STMIK Ubudiyah dan 100 Orang Anak Yatim

Buka Puasa Bersama STIKES Dan STMIK Ubudiyah dan 100 Orang Anak Yatim

Keluarga besar Yayasan U’Budiyah Indonesia kamis 25 Juli mengadakan pertemuan berbuka puasa bersama Karyawan STIKes, STMIK U’Budiyah dan seluruh Staf Rumah Sakit U’Budiyah. Buka puasa ini dibuka dengan pembaca ayat susi Al-qur’an oleh Mahasiswa STIKes U’Budiyah dan dilanjutkan dengan Tausiah dari Ustad Samsul Bahri dan buka puasa ini dihadiri oleh 100 orang anak yatim piatu dari Desa Tibang sekitar Kampus dan 2 orang anak yatim dari Pasantren Nirmala, turut hadir Ketua Yayasan U’Budiyah Indonesia Bapak Dedi Zefrizal, ST serta tamu undangan dari para Dosen dan Pimpinan Lembaga Kerja Sama.

Buka puasa bersama ini merupakan agenda rutin setiap tahun di Bulan  Ramadhan dilaksanankan oleh Yayasan U’Budiyah Indonesia yang bertujuan untuk membangun hubungan silahturahmi dengan Karyawan di bawah Yayasan U’Budiyah Indonesia, dan juga untuk meningkatkan rasa kekeluargaan yang tinggi antara sesama Pengurus dan Pimpinan serta saling berbagai dengan anak-anak yatim dari daerah sekitar Kampus.

Dalam acara tersebut terlihat semangat dan kebahagian anak yatim saat berbuka puasa dan pada saat pembagian tas sekolah sebagai buah tangan bagi anak-anak yatim tersebut dengan harapan dapat bermanfaat bagi mereka menjelang masuk sekolah setelah hari Raya Idul Fitri.

Ketua SMTIK U’Budiyah berharap silahturahmi yang seperti ini dapat berjalan terus sehingga seluruh Karyawan dapat terus bekerja sama dan bekerja keras bersama-sama untuk membesarkan Yayasan U’Budiyah hingga lebih sukses di masa yang akan datang.

UBUDIYAH FC Merajai Kompetisi Sepak Bola yang di Adakan Oleh HIMAPET Unsyiah.

UBUDIYAH FC Merajai Kompetisi Sepak Bola yang di Adakan Oleh HIMAPET Unsyiah

UBudiyah FC mampu menunjukan keunggulannya dengan memenangkan kompetisi sepak bola yang di adakan oleh HIMAPET Unsyah dan di ikuti oleh seluruh klub Sepakbola Universitas Se Provinsi Aceh yang di adakan pada tanggal 11 Mei 2013.

Perjalanan pertandingan berjalan dengan sangat alot, pada pertandingan pertama U’Budiyah FC mampu unggul dengan skor pertandingan 3 – 0 kemenangan untuk U’Budiyah FC dengan Gol yang di cetak oleh Mahfud (Gelandang), Uus (Back) dan Novaldi (Striker).

Pada pertandingan ke dua U’Budiyah FC menghadapi perlawanan yang sengit dari pihak lawan, tapi sekali lagi U’Budiyah FC mampu menghentakan semua serangan dari Lawan dan mampu melakukan serangan Balik serta Pertahanan yang solit dan kompak sehingga Kemenangan kembali dapat di raih dengan skor pertandingan 2 – 0 yang di cetak oleh Fachrul (Striker) dan Novaldi (Gelandang) dan skor bertahan hingga pertandingan Usai dan U’Budiyah FC berhasil maju ke Babak Final.

Pada pertandingan Final U’Budiyah FC menghadapi tim lawan yang sangat tangguh, dengan pola permainan lapangan yang sengit di kedua belah pihak, dan akhirnya sekali lagi U’Budiyah FC mampu membuktikan keunggulannya dan mampu membuat lawan bertekuk lutut dengan skor 2-0 sekaligus berhasil memenangkan kompetisi dengan Juara I di kompetisi tersebut.

Dengan Semangat sportifitas yang tinggi dan kekompakan Tim serta kerja keras dalam menghadapi pertandingan dapat membuat U’Budiyah FC merajai pertandingan kompetisi sepak bola yang di adakan oleh HIMAPET unsyiah.

Seminar Kesehatan Dan Presentasi Pascasarjana Universitas Gajah

Seminar Kesehatan Dan Presentasi Pascasarjana Universitas Gajah

STIKes UBudiyah Banda Aceh pada tanggal 20 Februari 2013 mengadakan acara seminar kesehatan dan presentasi program Pascasarjana Fakultas Kedokteran Universitas Gajah Mada adapun tema seminar yang disampaikan adalah Malaria and Parasitic Diseases di sampaikan oleh Prof. dr. H. Supargiyono, DTM & H, S.U, PhD, Sp.Par (K)  dan Strategy in Indonesian Herbal Medicine Development disampaikan oleh Prof. Dr. Mustofa, M.Kes, Apt. Acara seminar dan presentasi ini dihadiri oleh beberapa perwakilan yang diantaranya dihadiri oleh perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi, perwakilan Dinas Kesehatan Kota, Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin dan Puskesmas di wilayah Kota Banda Aceh dan Aceh Besar. Dalam acara ini juga memaparkan mengenai program studi Pasca Sarjana yang ada di Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada diantaranya Program Studi Magister Ilmu Kedokteran Tropis dengan empat (4) minat studi yaitu Penyakit Tropis Klinis, Imunologi dan Biologi Molekuler Penyakit Tropis, Kesehatan Tropis dan Entomologi Kesehatan. Dan Program Studi Ilmu Kedokteran Dasar dan Biomedis yang memiliki Sembilan (9) minat studi yaitu Anatomi, Antropologi Kedokteran, Biokimia, Biomedis &Reproduksi Manusia, Farmakologi, Histologi & Biologi Sel, Ilmu Faal, Kedokteran Molekuler, Parasitologi.

Ketua STIKes U’Budiyah ibu Marniati, M.Kes dalam kata sambutan beliau mengatakan bahwa sangat mendukung presentasi Prpgram Pasca Sarjana yang diselenggarakan Universitas Gadjah Mada di kampus STIKes U’Budiyah Banda Aceh dan beliau juga sangat mengharapkan kepada seluruh tenaga pengajar/dosen yang ada di Provinsi Aceh untuk dapat melanjutkan studi kejenjang S2 dan S3 agar dapat meningkatkan mutu pembelajaran,  pengetahuan serta wawasan lulusan yang dihasilkan dari setiap Instansi pendidikan.